KUNJUNGAN INDUSTRI (day 2)

KUNJUNGAN INDUSTRI
PART 2
pagi, 12 Desember 208, pukul 10.15 semua telah berkumpul di lobby hotel APA, Sapporo. Saya sudah sarapan di ruang makan hotel, makanan lezat, biasalah standar hotel. setelah cek semua anggota lengkap, semua bergerak menuju bus sapporo yang di charter oleh pelaksana acara untuk kunjungan industri ini.

hari ini ada 2 tujuan utama, 

1.SNOW BRAND INDUSTRY & MUSEUM
museum dan juga industri susu dan turunannya, yang luar biasa, hingga pernah penjualan 2 triliun, dan memiliki cabang hingga keluar negeri, salah satunya di indonesia, mereka juga memiliki cabang.
namun "hilangnya kebanggaan/kepuasaan terhadap pekerjaan telah menyebabkan perusahaan ini mengalami krisis yang mengakibatkan perusahaan ini kehilangan kepercayaan konsumen" kata pendamping dari pihak industri. itu terjadi sekitar tahun 2001/2002.
sebenarnya ada dua kasus besar yang dialami oleh perusahaan ini yaitu, terkontaminasinya bahan baku susu yang dipasok dari luar daerah, namun terlambat dicegah, sehingga produk tersebut beredar di pasar, dan menyebabkan hampir 20 ribu orang keracunan. susu ini memang sangat terkenal dan enak serta banyak penggemar, sebelum sempat dibuat penarikan produk,produk sudah dibeli.
kejadian kedua, menyangkut integritas, yaitu penipuan pajak. kasus ini menjadi pertanyaan bagi saya, karena menurut saya ini bukan hal biasa terjadi di Jepang, yang semangat bushido mengalir deras dalam urat nadi masyarakat Jepang.

kika berdiri, Tommy, Rully, Wahyudi, Refky, Reza, Raimon, Romla, Yogi, Murase
kika duduk, Delita, Muhammad Ali, (pendamping perusahaan, gak tau nama). Dyah, Jarot & Saya









Setelah kami dibawa keliling melihat dan mendengarkan informasi dari pendamping cewek (gak tau namanya) di museum, tentang sejarah, bagaimana pertama kali industri di bangun oleh para petani dan peternak sapi seratus tahun yang lalu. melihat peralatan pembuatan susu bubuk, keju dan turunan produk susu lainnya dari masa awal hingga modernisasi permesinan.
dari museum kami ke ruang pertemuan, mendengar presentasi dari pihak perusahaan. 
kami dilayani luarbiasa, disuguhkan snack dan minuman ringan.

selanjutnya 
..... MAKAN SIANG..!!!!
dari Snow brand, Milk industry & Museum, kami menuju salah satu jaringan hotel APA (lupa catat alamatnya), makan siang yang diwarnai dengan ucapan selamat ulang tahun untuk Delita E Andini, bu dosen dari Prodi Teknik Pertambangan Univ. Bangka Belitung.

 Delita (UBB), Rully (Unisba), Deny (KCM), Wahyudi (Unja)

 kika, Kamal (Unsyiah), Raimon (UNP), Refki (STTND), Wahyudi (Unja), Muhammad Ali (Poltek AKAMIGAS), Jarot (GDM), Delita (UBB), Rully (Unisba), Romla (Unilam) & Dyah (UNP), minus Tommy (Unmul)



2. SANKOU KAGAKU
perusahaan ini termasuk dalam pengusaha kecil, yang hanya memiliki 20 pekerja, kecuali di saat diperlukan seperti mengejar target penyelesaian kontrak dsb. 
Perusahaan ini pemasok ducting untuk ventilasi tambang underground KCM yang sudah dilengkapi dengan anti listrik statis.

Ducting ventilasi

 chamber untuk 1 orang

chamber untuk 16 orang













Pemilik Perusahaan Toshiki Hirose san














Comments