MINE SAFETY & PRODUCTION MANAGEMENT COURSE

Kushiro Coal Mine, Co. LTD, Kushiro, Hokkaido, Japan, 
19 Nov - 28 Dec 2018



Perjalanan panjang ini dimulai saat Prodi Teknik Pertambangan, Jurusan Teknik Kebumian, Fakultas Teknik, Univ. Syiah Kuala, mendapat surat dari PPSDM Geominerba, Bandung bernomor 859/05.02/BPG/2018 (20 September 2018) tentang permintaan peserta pelatihan di Jepang yang isinya meminta untuk dikirimkan 1 orang dosen dari Prodi Pertambangan untuk mengikuti proses seleksi sebagai salah satu peserta Diklat Manajemen Keselamatan dan produksi tambang.
berdasarkan surat tersebut, koordinator Prodi, menghubungi saya dan memerintahkan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sesuai isi surat dari PPSDM. Kenapa Saya yang ditunjuk oleh Kordinator Prodi, Ibu Ir. Pocut Nurul Alam, M.T?. Menurut Beliau, karena saya diarahkan untuk yang fokus pada K3, dan juga  menguasai dengan baik K3 Umum maupun KO Pertambangan dan baru selesai mengikuti diklat SMKP (sistem manajemen keselamatan pertambangan) di Geominerba. dengan demikian maka saya mempersiapkan sebaik mungkin sesuai dengan permintaan surat tersebut dalam waktu hingga 27 September 2018.
Disamping berkonsultasi dengan bu Pocut, Saya juga berkonsultasi dengan ketua Jurusan Teknik Kebumian, Pak Marwan, setelah beberapa kali konsultasi untuk meringkaskan CV, akhir Surat balasan yang ditandatangani oleh Ketua jurusan bernomor 475/UN11.1.31/6/KP/2018 (27 September 2018) dikirimkan ke PPSDM, tentang pengiriman peserta pelatihan di Jepang dari Jurusan Teknik Kebumian atas nama Nurul Kamal.
Tidak terlalu lama berselang, sampai lagi surat dari PPSDM bernomor 922/05.02/BPG/2018 (3 Oktober 2018) tentang pemanggilan peserta pelatihan di Jepang untuk menghadiri rapat pada Selasa, 9 Oktober 2018 membahas teknis pelatihan, Alhamdulillah, nama saya termasuk salah satu dari 14 peserta yang akan mengikuti diklat di Kushiro, Hokkaido, Jepang. 
Setelah mengikuti rapat tersebut, mulailah mengurus kelengkapan administrasi, paspor, pengurusan visa
















Comments